10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Memakai Behel Metal Konvensional, Yang ke 10 paling menarik

Behel metal konvensional dapat membantu memperbaiki posisi gigi yang tidak rata atau salah letak. Namun, selama perawatan harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tetap aman dan tidak rusak. 

Berikut ini adalah 10 makanan yang sebaiknya dihindari saat perawatan memakai behel metal :

 

  1. Karamel dan Permen Keras

Karamel dan permen keras dapat menempel pada behel  dan gigi, sehingga memicu pembentukan plak dan kerusakan pada behel metal. 

 

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mede, atau kacang mete dapat memicu kerusakan pada behel gigi metal dan menyebabkan rasa tidak nyaman saat mengunyah.

 

  1. Kerang dan Makanan Laut

Makanan laut seperti kerang, lobster, atau kepiting dapat memicu terbentuknya plak dan menyebabkan kerusakan pada behel metal.

 

  1. Popcorn

Popcorn dapat meningkatkan risiko kerusakan pada behel metal karena seringkali terdapat biji jagung yang pecah dan dapat terjebak di antara gigi dan behel.

 

  1. Daging yang Sulit Dipotong

Daging yang sulit dipotong seperti daging sapi atau daging kambing dapat membuat behel metal rentan rusak dan menyebabkan ketidaknyamanan saat mengunyah.

 

  1. Es Batu

Mengunyah es batu dapat membuat behel metal mudah pecah dan dapat merusak email gigi.

 

  1. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dapat mengandung asam yang dapat merusak lapisan behel metal dan email gigi.

 

  1. Makanan Asam

Makanan asam seperti tomat atau jeruk dapat mempercepat korosi pada behel dan email gigi.

 

  1. Makanan Manis

Makanan manis dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak pada behel dan gigi, sehingga mempercepat kerusakan behel.

 

  1. Makanan yang Sulit Dicerna

Makanan yang sulit dicerna seperti brokoli atau jagung dapat membuat behel metal rentan rusak dan menyebabkan ketidaknyamanan saat mengunyah.

Kesimpulannya, makanan yang harus dihindari adalah makanan yang memicu kerusakan pada behel metal dan gigi. Jika Anda tidak yakin apakah makanan aman dikonsumsi saat memakai behel, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi. Selalu jaga kebersihan mulut dan behel dengan rajin menyikat gigi, mengunyah permen karet tanpa gula, dan berkumur dengan air bersih setelah makan.

Klik gambar untuk dapatkan Logam Mulia

Isi Form Dulu Yuk!