Behel Gigi untuk Anak-Anak: Apakah Aman dan Dapat Dilakukan?

Perawatan behel gigi pada anak-anak sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka sejak dini. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki posisi gigi anak-anak yang tidak rata adalah menggunakan behel gigi. Namun, banyak orangtua masih khawatir mengenai keamanan dan kenyamanan penggunaan behel gigi pada anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang penggunaan behel gigi pada anak-anak:

1. Usia Anak

Biasanya, penggunaan behel gigi disarankan bagi anak-anak yang sudah memiliki gigi permanen, yaitu sekitar usia 12 tahun ke atas. Namun, ada juga beberapa kasus di mana anak-anak lebih muda dari itu memerlukan behel gigi untuk perawatan gigi mereka.

2. Jenis Behel

Ada dua jenis behel yang umum digunakan pada anak-anak, yaitu behel gigi metal silver konvensional dan behel gigi transparan. Behel gigi metal konvensional terbuat dari logam dan cenderung lebih terlihat. Sedangkan, behel gigi transparan terbuat dari bahan plastik yang transparan dan lebih tidak terlihat.

3. Keamanan

Penggunaan behel gigi pada anak-anak aman dilakukan jika behel gigi dipasang oleh dokter gigi yang berpengalaman dan terpercaya. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan yang teliti untuk memastikan bahwa anak-anak Anda cocok untuk memakai behel gigi dan tidak memiliki masalah kesehatan gigi yang lebih serius.

4. Kenyamanan

Beberapa anak mungkin merasa tidak nyaman saat memakai behel gigi pertama kali atau saat behel gigi disesuaikan kembali oleh dokter gigi. Namun, ini normal dan biasanya tidak berlangsung lama. Anak-anak Anda mungkin akan membutuhkan beberapa waktu untuk terbiasa dengan behel gigi dan mengalami sedikit ketidaknyamanan saat makan atau berbicara, tetapi seiring waktu mereka akan terbiasa dengan behel dan merasa lebih nyaman.

5. Perawatan Gigi

Anak-anak yang menggunakan behel gigi harus memperhatikan kebersihan gigi dan behel gigi mereka. Mereka harus menyikat gigi setelah makan, menggunakan benang gigi secara teratur, dan menghindari makanan yang dapat merusak behel gigi. Jika anak-anak Anda tidak dapat melakukan perawatan gigi yang baik, penggunaan behel gigi mungkin tidak cocok untuk mereka.

Kesimpulannya, penggunaan behel gigi pada anak-anak aman dilakukan jika dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman dan terpercaya. Anak-anak yang menggunakan behel gigi harus memperhatikan kebersihan gigi dan behel gigi mereka untuk memperoleh hasil yang optimal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memasang behel gigi pada anak-anak Anda, konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci dan memastikan bahwa anak-anak Anda siap untuk penggunaan behel gigi.

Klik gambar untuk dapatkan Logam Mulia

Isi Form Dulu Yuk!