Efek Samping Behel Gigi Metal yang Harus Diketahui Sebelum Memutuskan Memakainya

Behel gigi metal konvensional adalah alat yang digunakan untuk memperbaiki susunan gigi dan mulut yang tidak rapi atau berantakan. Perawatan behel metal biasanya memakan waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun tergantung pada kondisi gigi dan mulut. Meskipun perawatan behel metal konvensional memiliki manfaat besar, tetapi seperti halnya dengan prosedur medis lainnya, perawatan behel gigi juga memiliki beberapa efek samping yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk memakainya.

 

  1. Nyeri dan Ketidaknyamanan

Efek samping pertama dari perawatan behel gigi metal adalah nyeri dan ketidaknyamanan. Rasa sakit yang terjadi karena gigi dan gusi harus beradaptasi dengan posisi baru dari behel metal dan pergerakan gigi yang dilakukan. Hal ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan bahkan sulit untuk makan atau berbicara. Namun, rasa sakit ini akan mereda seiring berjalannya waktu dan dapat diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri atau dengan menggunakan krim anestesi topikal.

 

  1. Perubahan Pola Makan dan Kebiasaan

Ketika memakai behel metal silver, Anda mungkin perlu mengubah pola makan dan kebiasaan tertentu. Beberapa jenis makanan seperti cokelat, karamel, atau kacang dapat menempel pada behel metal konvensional dan memperburuk kondisi gigi. Selain itu, beberapa kebiasaan seperti menggigit kuku atau menggunakan gigi untuk membuka botol juga dapat merusak behel gigi metal dan memperpanjang durasi perawatan.

 

  1. Infeksi dan Luka pada Mulut

Behel metal konvensional dapat menyebabkan luka pada gusi dan bibir Anda. Hal ini terjadi karena gesekan antara behel gigi dengan gusi dan bibir. Jika tidak dirawat dengan baik, luka ini dapat menyebabkan infeksi pada mulut. Penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi secara optimal serta memperhatikan kebersihan behel gigi metal agar tidak menimbulkan infeksi dan luka pada mulut.

 

  1. Perubahan Warna Gigi dan Bahan Behel Gigi

Behel metal silver dapat membuat gigi Anda lebih sulit dibersihkan dan lebih rentan terhadap pembentukan noda. Jika tidak dirawat dengan baik, behel gigi metal dapat membuat gigi berubah warna menjadi kekuningan atau keabu-abuan. Selain itu, bahan behel metal sendiri juga dapat berubah warna dan menyebabkan perubahan warna pada gigi.

 

  1. Resiko Kerusakan pada Gigi

Behel metal dapat memperbaiki susunan gigi dan mulut, tetapi jika tidak dipasang dengan benar atau tidak dirawat dengan baik, behel gigi juga dapat merusak gigi. Behel metal konvensional yang terlalu ketat dapat menyebabkan kerusakan pada gigi atau bahkan menyebabkan gigi copot. Oleh karena itu, perawatan behel gigi metal silver konvesional harus dilakukan oleh dokter gigi yang terampil dan berpengalaman.

Klik gambar untuk dapatkan Logam Mulia

Isi Form Dulu Yuk!