Apa Sich Behel Metal Itu ?

Bahan behel gigi yang paling umum digunakan di pasaran adalah behel gigi jenis metal. Jenis behel gigi metal adalah jenis behel yang juga sering disebut behel tradisional namun kekuatan bahan dan keberhasilan perawatannya tidak bisa diremehkan jika pasien mematuhi instruksi dokter gigi dengan tepat. Berdasarkan macam – macam jenis behel gigi, harga behel metal ini terjangkau sehingga sering digunakan dan terbuat dari anti karat yang berkualitas tinggi dengan aplikasi bracket metal di setiap gigi.

Jadwal Control Behel Metal

Penggunaan behel jenis ini memerlukan kontrol setiap 3-5 minggu sekali. Behel jenis ini juga dapat memperbaiki kasus-kasus yang berat karena memiliki kekuatan yang tinggi. Pasien dapat request warna karet yang bisa dipakai untuk behel jenis ini. Pada umumnya adaptasi gigi untuk penggunaan jenis ini memang relatif sulit. Pasien harus tahan terhadap nyeri, kontrol yang rutin, serta progres yang lebih lambat dibandingkan behel dengan self ligating. Penggunaan behel metal membutuhkan waktu adaptasi yang cukup lama yakni 1-3 bulan, cukup standar dibandingkan jenis bahan lainnya. Pasien diarahkan untuk diet cair diawal perawatan, serta siap untuk mengalami penyesuaian seperti pengucapan, menutup mulut, ngilu di sekitar gigi, maupun sariawan yang mungkin tumbuh di beberapa tempat.

Harga

Behel metal merupakan jenis behel yang paling rekomen untuk digunakan pada berbagai kasus dari mulai kasus ringan hingga kasus berat. Harga behel ini pun jauh lebih terjangkau dibanding behel lainnya yang berbahan ceramic dan sapphire. Berikut ini adalah daftar harga behel berbahan metal :

Behel Metal Konvensional ; Harga Normal dari jenis behel berbahan metal dengan teknologi konvensional adalah berkisar 4 Juta hingga 6 Jutaan.

Behel Metal Self Ligating ; Harga Normal dari jenis behel berbahan metal dengan teknologi self ligating adalah berkisar 10 Juta hingga 12 Jutaan.

Kelebihan Behel Metal

Jenis behel berbahan metal ini memiliki beberapa kelebihan bagi pasien yang memilihnya, diantaranya :

  • Jenis behel berbahan metal merupakan jenis paling ekonomis
  • Dapat digunakan pada berbagai kasus mulai ringan hingga berat
  • Tidak mudah pecah atau retak seperti bahan ceramic meskipun harganya lebih murah
  • Biaya perawatan/control rutin lebih murah dibanding jenis behel berbahan ceramic

Cek Lokasi Kami Disini

Bagikan Ke Teman Melalui