Ketahui 6 Prosedur Pemasangan Behel Gigi Self Ligating

Behel gigi atau kawat gigi self ligating adalah salah satu perawatan ortodontik yang biasa dilakukan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak teratur atau tidak sejajar. Pemasangan behel metal self ligating sebenarnya cukup sederhana, namun prosesnya membutuhkan beberapa langkah untuk memastikan bahwa behel self ligating dapat terpasang dengan tepat dan memberikan hasil yang diinginkan. Berikut adalah beberapa langkah dalam pemasangan behel gigi metal self ligating:

 

  1.     Konsultasi dengan dokter gigi

Langkah pertama dalam pemasangan behel self ligating adalah berkonsultasi dengan dokter gigi atau ortodontis. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan gigi dan mengambil gambar rontgen dan foto untuk mengetahui posisi gigi dan tulang rahang secara lebih detail. Selain itu, dokter gigi juga akan membahas tujuan dari perawatan dan memberikan informasi tentang jenis behel gigi self ligating yang akan digunakan.

 

  1.     Persiapan gigi

Sebelum pemasangan behel atau kawat gigi self ligating , dokter gigi akan membersihkan gigi dan memeriksa apakah ada masalah gigi seperti gigi berlubang atau radang gusi. Jika ada masalah tersebut, dokter gigi akan melakukan perawatan terlebih dahulu sebelum memasang behel. Setelah itu, dokter gigi akan mengeringkan gigi dengan menggunakan alat khusus.

 

  1.     Pemasangan bracket

Braces self ligating adalah bagian kecil yang dipasang di setiap gigi. Self ligating bracket tersebut nantinya akan menjadi tempat untuk mengikat kawat yang akan menarik gigi agar bergerak ke posisi yang diinginkan. Dokter gigi akan mengaplikasikan resin adhesif pada gigi untuk memasang bracket self ligating pada gigi. Setelah itu, dokter gigi akan menggunakan cahaya khusus untuk mengeringkan resin tersebut.

 

  1.     Pemasangan kawat

Setelah self ligating bracket terpasang pada gigi, dokter gigi akan memasang kawat pada bracket. Kawat ini biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau nikel-titanium. Kawat ini akan diikat pada bracket dengan menggunakan karet atau logam kecil yang disebut ligatur.

 

  1.     Pemotongan kawat dan penambahan elastic

Setelah kawat terpasang, dokter gigi akan memotong kawat yang berlebihan dan menambahkan elastik jika diperlukan untuk membantu memperbaiki posisi gigi.

 

  1.     Penyesuaian behel

Setelah behel self ligating terpasang, dokter gigi akan meminta pasien untuk kembali ke klinik gigi untuk penyesuaian behel secara berkala. Penyesuaian tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa behel self ligating terpasang dengan baik dan gigi bergerak ke posisi yang diinginkan.

 

Pemasangan behel self ligating sebenarnya cukup sederhana, namun memerlukan perawatan dan penyesuaian secara berkala untuk memperbaiki posisi gigi dengan baik. Pasien juga perlu menjaga kebersihan gigi dan mematuhi instruksi dari dokter gigi untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Klik gambar untuk dapatkan Logam Mulia

Isi Form Dulu Yuk!