Retainer

Retainer gigi merupakan alat yang sangat penting untuk digunakan pasca perawatan orthodontik/ behel gigi. Namun tidak semua orang paham kegunaan dasar alat tersebut, padahal harganya relatif terjangkau dibandingkan pasien harus melakukan perawatan behel gigi kembali akibat bergesernya gigi geligi. Pasien yang tidak memakai retainer gigi dapat berakibat bergesernya gigi geligi yang telah rapi dan perawatan yang telah dijalani akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Kondisi ini sering disebut relapse. Relapse dapat menyebabkan kondisi gigi yang telah rapi menjadi berjejal atau miring sehingga posisi gigi perlu diperbaiki kembali.

Jenis-Jenis Retainer Gigi

  1. Lepasan

    • Retainer Hawley: Terbuat dari kawat logam dan basis plastik. Ini adalah jenis retainer yang paling umum dan dapat disesuaikan.
    • Retainer Transparan: Terbuat dari plastik bening, hampir tidak terlihat saat dipakai, namun memerlukan penggantian lebih sering karena keausan.
  2. Permanen

    • Retainer jenis ini dipasang di belakang gigi dan tidak bisa dilepas sendiri. Biasanya digunakan untuk menjaga gigi depan bawah agar tetap dalam posisi.

Manfaat Menggunakan Retainer Gigi

  • Mempertahankan Hasil Perawatan: Retainer membantu mempertahankan posisi gigi setelah perawatan ortodontik selesai.
  • Mencegah Pergeseran Gigi: Gigi memiliki kecenderungan untuk bergerak kembali ke posisi asalnya. Retainer mencegah hal ini.
  • Meningkatkan Kesehatan Mulut: Posisi gigi yang benar memudahkan pembersihan, mengurangi risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Berapa Lama Harus Menggunakan Retainer?

Durasi penggunaan retainer bervariasi tergantung pada rekomendasi dokter gigi atau ortodontis. Beberapa orang mungkin perlu memakainya hanya beberapa bulan, sementara yang lain mungkin perlu memakainya selama beberapa tahun atau bahkan seumur hidup untuk mencegah pergeseran gigi.

Kesimpulan

Retainer gigi memainkan peran penting dalam mempertahankan hasil perawatan ortodontik dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Memahami jenis-jenis retainer, manfaatnya, dan cara merawatnya akan membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dari perawatan ortodontik Anda. Setelah menggunakan retainer pastikan melakukan pemeriksaan gigi rutin setiap 6 bulan sekali untuk memantau pergerakan gigi geligi anda pasca perawatan gigi

FAQ tentang Retainer Gigi

Q: Apakah retainer harus dipakai sepanjang hari?

A: Tergantung pada instruksi dari dokter gigi atau ortodontis. Beberapa orang mungkin hanya perlu memakainya pada malam hari setelah beberapa bulan pertama.

Q: Bagaimana jika retainer saya rusak atau hilang?

A: Segera hubungi dokter gigi atau ortodontis Anda. Jangan mencoba memperbaiki retainer sendiri.

Q: Apakah retainer menyebabkan ketidaknyamanan?

A: Retainer mungkin terasa tidak nyaman pada awalnya, tetapi kebanyakan orang terbiasa setelah beberapa hari atau minggu pemakaian.