Retainer gigi merupakan alat yang sangat penting untuk digunakan pasca perawatan orthodontik. Namun tidak semua orang paham kegunaan dasar alat tersebut, padahal harga retainer relatif terjangkau dibandingkan pasien harus melakukan perawatan behel gigi kembali akibat bergesernya gigi geligi. Pasien yang tidak memakai retainer gigi dapat berakibat bergesernya gigi geligi yang telah rapi dan perawatan yang telah dijalani akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Kondisi ini sering disebut relapse. Relapse dapat menyebabkan kondisi gigi yang telah rapi menjadi berjejal atau miring sehingga posisi gigi perlu diperbaiki kembali.

Retainer gigi terdiri dari beberapa macam yaitu retainer clear, retainer howley, dan lingual retainer. Retainer clear adalah jenis retainer yang paling sering digunakan oleh pasien karena retainer ini memiliki tingkat estetika yang baik namun tidak bisa berubah bentuk, sehingga jika pasien lupa untuk menggunakan retainer dan terjadi relapse alat tersebut tidak bisa digunakan kembali. Retainer bertanggung jawab untuk menjaga dan mempertahankan kesejajaran gigi serta gigitan setelah menyelesaikan perawatan behel aktif sehingga tahapan ini merupakan bagian dari fase terakhir perawatan behel gigi. Dokter gigi akan menentukan harga retainer, lama penggunaan retainer, serta jenis retainer yang paling cocok digunakan oleh pasien tersebut berdasarkan karakter dari masing-masing pasien. Pasien sebisa mungkin dapat memilih retainer yang tepat dan nyaman karena alat tersebut digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Retainer gigi yang dapat dilepas seperti clear dan howley relatif mudah dibuat dan lebih mudah dibersihkan pada saat makan, atau saat menggosok gigi, namun jika penyimpanan tidak baik maka alat mudah hilang atau rusak. Pasien juga diharapkan tidak lupa menggunakan retainer lepasan karena jika tidak digunakan gigi akan relapse kembali. Retainer gigi lingual atau permanen dapat menjadi pilihan untuk pasien yang memiliki kesulitan untuk rutin menggunakan alat tambahan. Pemasangan retainer ini dilakukan oleh dokter gigi. Harga retainer permanen lebih mahal dibandingkan retainer lepasan namun perawatan ini bisa dijadikan salah satu opsi. Masing-masing jenis retainer memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan bahan yang digunakan, jika anda merasa kesulitan untuk memilih jenis retainer jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter gigi anda. Setelah menggunakan retainer pastikan melakukan pemeriksaan gigi rutin setiap 6 bulan sekali untuk memantau pergerakan gigi geligi anda pasca perawatan gigi.

E Dental Care kini berada di Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bekasi, Malang, dan Bandung

Cek Lokasi Kami Disini

Anda bisa reservasi disini untuk konsultasi dengan dokter terbaik kami tentang keluhan anda

Bagikan Ke Teman Melalui